Selasa, 23 November 2010

Silabus TEFL I


SILABUS MATA KULIAH TEFL I
A.    Identitas Mata Kuliah
1.      Mata Kuliah          : TEFL I
2.      Kode mata Kuliah :
3.      Semester                : 3
4.      Dosen pengampu  : Nuri Ati Ningsih, MPd
5.      Jumlah pertemuan : 14

B.       Standart Kompetensi
Mahasiswa memahami konsep-konsep mengenai pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing dan memperoleh alternatif pendekatan, metode, dan teknik yang tepat untuk diaplikasikan  di kelas-kelas bahasa berdasar pada pertimbangan dan alasan yang rasional.

C.     Kompetensi Dasar
Kompetensi pembahasan prinsip –prinsip dasar belajar mengajar, dasar-dasar metode pengajaran, serta tinjauan terhadap   kekurangan maupun kelebihan setiap metode yang pernah digunakan.
D.     

E.     Pokok-Pokok Materi
No
Pokok Bahasan
Sub Pokok Bahasan
1
Grammar Translation Method
  1. History
  2. Purpose
  3. Characteristics
  4. Procedure
  5.  Some technique involve in
2
Direct Method
a.       a.History
  1. Purpose
  2. Characteristics
  3. Procedure
  4.  Some technique involve in
3
Audiolingual method
  1. History
  2. Purpose
  3. Characteristics
  4. Procedure
  5.  Some technique involve in
4
Silent Way
  1. History
  2. Purpose
  3. Characteristics
  4. Procedure
  5.  Some technique involve in
5
Suggestopedia
  1. History
  2. Purpose
  3. Characteristics
  4. Procedure
  5.  Some technique involve in
6
Total Physical Response

  1. History
  2. Purpose
  3. Characteristics
  4. Procedure
  5.  Some technique involve in
7
Community Language Learning
  1. History
  2. Purpose
  3. Characteristics
  4. Procedure
  5.  Some technique involve in
8
UTS
  1.  
9
Communicative Approach
  1. History
  2. Purpose
  3. Characteristics
  4. Procedure
  5.  Some technique involve in
10
Oral Approach and Situational Language Teaching
  1. History
  2. Purpose
  3. Characteristics
  4. Procedure
  5.  Some technique involve in
11
Whole Language
  1. History
  2. Purpose
  3. Characteristics
  4. Procedure
  5.  Some technique involve in
12
Multiple Intellegence
  1. History
  2. Purpose
  3. Characteristics
  4. Procedure
  5.  Some technique involve in
13
Neurolinguistic Programming
  1. History
  2. Purpose
  3. Characteristics
  4. Procedure
  5.  Some technique involve in
14
Lexical Approach
  1. History
  2. Purpose
  3. Characteristics
  4. Procedure
  5.  Some technique involve in
15
Review to all the material

16
UAS


  
F.       Metode Pembelajaran            :
M etode yang  digunakan dalam mata kuliah ini sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ditetapkan untuk setiap pertemuan. Secara umum pembelajaran berorientasi metode diskusi dan presentasi. Dosen bertindak sebagai fasilitator, motivator dan konselor.
G.    Alat bantu Pembelajaran
Media yang digunakan antara lain, white board, board marker,LCD, paper
H.    Evaluasi
Selain melalui formative dilakukan dengan penyusunan paper dan presentasi sedangkan untuk  menentukan kemajuan belajar ilakukan dengan keaktifan mahasiswa dengan memberikan pertanyaan, umpan balik ,mengoreksi kesalahan dalam presentasi.  Ketiga point tersebut dicapai melalui pendekatan proses dengan memonitor tingkat keaktifan, sikap dan kemajuan belajar.
I.       Referensi
               Approaches and Methods in Language Teaching; Jack C. Richards
               Techniques and Principles in Language Teaching ; Diane Larsen




3 komentar: