Selasa, 23 November 2010

Silabus Language Testing I

SILABUS MATA KULIAH LANGUAGE TESTING I


A. Identitas Mata Kuliah
1. Mata Kuliah : Language Testing I
2. Kode mata Kuliah :
3. Semester : V
4. Dosen pengampu : Nuri Ati Ningsih, MPd
5. Jumlah pertemuan : 14

B. Standart Kompetensi
Kompetensi pembahasan dan pelatihan prisip-prinsip dasar evaluasi, penyusunan kisi, penulisan butir soal objektif/ essay dengan penerapan aspek dan ketrampilan bahasa serta penjabarannya pada soal secara diskrit, terpadu dan pragmatik.
C. Kompetensi Dasar
Kompetensi memahami, mengidentifikasi, mengevaluasi, menganalisis serta memproduksi jenis-jenis soal bahasa yang mencakup;
1. Memahami perbedaan testing dan teaching
2. Memahami bentuk-bentuk dan sifat tes bahasa
3. Memahami kaidah-kaidah penyusunan soal
4. Memproduksi soal berdasarkan tujuan pengukuran

D. Pokok-Pokok Materi
No Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan
1 Testing dan teaching

a. language skill
b. language element
c. testing
d. teaching
2 Bentuk-bentuk dan sifat test bahasa Jenis-jenis dan fungsi test;
a. proficiency test
b. achievement test
c. diagnostic test
d. placement test

Sifat-sifat test;
a. discrete
b. integrated
c. pragmatic
3 Menyusun tes grammar
Test of Grammar;
a. Multiple choice test
b. Error recocnition
4 Menyusun tes grammar c. Words order item
d. Completion Item
e. Transformation item
5 Menyusun tes vocabulary Testing Vocabulary;
a. Multiple choice test
b. Selection item
c. Set ( associated words)
6 Menyusun tes vocabulary d. Matching item
e. More objective item
f. Completion item
7 Menyusun tes listening
a. Intensive listening
- recognizing phonological and morphological elements
- paraphrase recognition
b. responsive listening
8 UTS
9 Menyusun tes listening
a. Selective listening
- listening cloze
- information transfer
-sentence repetition
b. Extensive listening
- dictation
- communication stimulus response
-authentic listening
10 Menyusun tes speaking
a. Intensive speaking
- directed response task
-read aloud task
- sentence completion task
- picture cued task
- translation
b. Responsive speaking
- question and answer
- giving instruction and direction
- paraphrasing
11 Menyusun tes speaking
a. Interactive speaking
- interview
- role play
- discussion and conversation
- games
b. Extensive speaking
- oral presentation
- picture cued story telling
- retelling a story, news event
- translation
12 Menyusun tes reading
a. Perceptive Reading;
- reading aloud
- written response
- multiple choice
-picture-cued item
b. Selective reading
- multiple choice
- matching
- editing
-picture-cued task
-gap filling task
13 Menyusun tes reading
a. Interactive Reading
- cloze task
- impromptu reading plus comprehension question
- Short answer task
- Editing
-scanning
-ordering task
-information transfer
b. Extensive Reading
- Skimming task
- Summarizing and responding
- Note –taking and outlining
14 Menyusun tes writing
a. Imitative writing
- tasks in writing letters, words, and punctuation
- spelling task and detecting phoneme-grapheme correspondences
b. Controlled writing
- dictation and dicto-comp
- grammatical transformation task
- pictured-cued tasks
- vocabulary assessment task
- ordering tasks
- short answer and sentence completion tasks
15 Menyusun tes writing
Responsive dan extensive writing
- paraphrasing
- guided question and answer
- paragraph construction task
- strategic option
16 UAS


E. Metode Pembelajaran :
Berbagai macam metode pembelajaran digunakan dalam mata kuliah ini sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ditetapkan untuk setiap pertemuan. Secara umum pembelajaran berorientasi pada subjek pembelajaran. Dosen bertindak sebagai fasilitator, motivator dan konselor. Tujuan akhir proses pembelajaran adalah mhasiswa mampu memproduksi soal bahasa berdasarkan kaidah dan tujuan pengukuran.
F. Alat bantu Pembelajaran
Media yang digunakan antara lain, white board, board marker, buku-buku paket bahasa Inggris SD, SMP dan SMA.
G. Evaluasi
Selain melalui formative dan Final test, Evaluasi dilakukan untuk (1) menentukan kemajuan belajar, (2) memberikan umpan balik ,(3) mengoreksi kesalahan dan menentukan prestasi belajar. Ketiga point tersebut dicapai melalui pendekatan proses dengan memonitor tingkat keaktifan, sikap dan kemajuan belajar.
H. Referensi
J.B. Heaton, Writing English Language Tests, Longman.
H. Douglas Brown, Language Assessment, San Francisco State University

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar